Tuesday, January 31, 2006

Lewat Audio Belajar Lebih Menyenangkan

Neraca, 30 Januari 2006

JAKARTA - Apple Computer Inc. makin agresif memasyarakatkan pertalian iPod dengan iTunes. Lewat layanan 'iTunes U', Apple mengenalkan konsep kuliah dengan iTunes.

Software iTunes kini dimanfaatkan untuk men-download file audio berisi materi kuliah dari para dosen. Perangkat pemutar MP3 iPod digunakan untuk mendengarkan penjelasan para dosen. 'Podcast' demikian istilah yang biasa dipakai untuk mendeskripsikan aktivitas ini.

Kuliah ala Podcast bisa dilakukan dengan terlebih dahulu merekam materi perkuliahan yang akan dijabarkan dosen, untuk menghasilkan file audio. Lalu, file ini di-download dan diperdengarkan melalui iPod.

Ini bukan sekedar konsep. Apple sudah membuat langkah lanjutan dengan merangkul enam universitas di Amerika Serikat, sebagai pilot project selama satu tahun lebih. Jumlah universitas yang bergabung akan terus ditambah, dalam minggu-minggu ini.

Salah satu universitas yang jadi pilot project adalah University of Missouri. Sebelumnya, universitas ini mem-Podcast materi kuliah melalui jaringan internet sekolah. Setelah bekerja sama dengan Apple, materi kuliah disiarkan lewat layanan 'iTunes U'. Layanan yang digagas Apple ini, menawarkan software dan paket layanan secara gratis.

"Mahasiswa kami sudah terbiasa dengan dunia digital. Kami berusaha mencari hal-hal yang jadi kegemaran mereka, dan iTunes merupakan antarmuka yang paling akrab di kalangan mahasiswa kami," kata Keith Politte, the development officer dari School of Journalism, University of Missouri.

Materi-materi tersebut bisa diakses melalui komputer berbasis Windows maupun Macintosh, lalu ditransfer ke perangkat portabel termasuk iPod. Pihak universitas bisa memutuskan apakah layanan tersebut terbatas untuk kalangan internal saja, atau bisa diakses publik.

IlmuKomputer.Com

Untuk menambah maraknya perjuangan pendidikan teknologi informasi gratis, IlmuKomputer.Com membuat program baru berupa Radio Online.

Romi Satria Wahono, salah satu pengelolanga mengatakan bahwa untuk sementara ini masih ujicoba, dan mengudara setiap hari pada jam 17.00 hingga 20.00 WIB.

"Pada siaran tersebut, kami mengundang aktifis-aktifis teknologi informasi Indonesia untuk membagi pengetahuan mereka dalam berbagai topik pemrograman, desain

grafis, networking, administrasi sistem, dan lain-lain," ungkap Romi.

Untuk dapat menyimak siaran tersebut, caranya sangat mudah. Instal Winamp(http://download.nullsoft.com/ winamp/client/ winamp5112_lite.exe). Jalankan web browser dan masukan URL: http://ilmukomputer.com:8000/listen.pls. Detikinet

0 Comments:

Post a Comment

<< Home